Definisi dan Pengertian Speaker

Apa fungsi speaker komputer sepertinya sudah dapat dilihat secara umum, seperti speaker yang sering kita lihat berupa speaker aktif maupun hanya speaker saja yang terpisah dari perangkat penguat audio-nya. Jenis-jenis speaker ada banyak, dilihat dari bentuk fisik maupun kegunaan speaker itu sendiri.

Pengertian Speaker



Secara umum pengertian speaker adalah perangkat elektronika yang terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi, demikian juga sebaliknya. Fungsi tiap bagian pada speaker saling terkait satu sama lain.

Fungsi speaker secara keseluruhan adalah mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran. Proses pengubahan gelombang elektromagnet menjadi gelombang bunyi tersebut dapat terjadi karena aliran listrik dari penguat audio dialirkan kedalam kumparan dan terkena pengaruh gaya magnet pada speaker, sesuai dengan kuat lemahnya arus listrik yang diterima, maka getaran yang dihasilkan pada membran akan mengikuti dan jadilah gelombang bunyi yang dapat kita dengarkan.

Pada umumnya jenis speaker ada tiga macam berdasarkan tinggi rendah bunyi yang dihasilkannya. Speaker dengan keluaran nada rendah biasa disebut woofer, speaker yang menghasilkan bunyi vokal atau nada menengah disebut midrange, sedangkan speaker dengan bunyi keluaran nada tinggi disebut twitter.

Speaker yang kita jumpai pada perangkat komputer pada umumnya sudah dilengkapi dengan audio sistem yang ada didalamnya. Sedangkan speaker pada pesawat radio, televisi, dan perangkat lainnya biasanya berupa speaker terpisah tanpa penguat audio.


Komponen pada speaker terdiri dari magnet permanen, membran sebagai penyalur getaran dan kumparan kawat email. Banyak jenis speaker menurut bentuk dan ukurannya maupun menurut fungsinya. Ada loudspeaker yang mengeluarkan bunyi dalam frekuensi rendah sampai dengan speaker yang bekerja pada frekuensi tinggi. 

Speaker memiliki bentuk, fitur dan ukuran yang beraneka macam dengan tawaran kualiras yang bagus dan harganya yang semakin murah. Saat ini speaker merupakan hardware yang hampir tidak dapat terpisahkan dengan komputer, karena pengguna dapat terhibur dengan mendengarkan lagu dan bisa juga sebagai efek suara untuk pemuraran film/video melalui komputer.

Troubleshooting / permasalahan pada Speaker Komputer

  1. Speaker tidak dapat mengeluarkan suara
  2. Terdengar suara yang sangat pelan dari speaker
  3. Suara yang dihasilkan tidak jelas /terputus-putus
  4. Salah satu speaker tidak mengeluarkan suara
Solusi :

  1. Periksa apakah speaker sudah terhubung dengan arus listrik / tidak
  2. Pastikan kabel tidak rusak / putus dan pastikan konektor kabel sudah terpasang dengan baik
  3. Periksa pengaturan suara melalui komputer, dengan cara klik  start > all program > accessories > entertainment > volume control
  4. Pastikan driver sound card sudah terinstal dan tidak corrupt / rusak. (misalnya realtek AC97)
  5. Periksa apakah sound card dalam keadaan baik / tidak.
  6. Coba gunakan speaker di komputer yang lain.

  ©Tekno Energi - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Energi Terbarukan Plus | Topo